IbM KELOMPOK TANI GUNUNG GAMBIR DAN KELOMPOK PKK DI DESA PENIRAMAN MELALUI PROSPEKTIF PRODUK OLAHAN BERBASIS JAGUNG DAN UBI KAYU

  • Lamria Mangunsong
  • Tri Wahyuarini
Keywords: jagung, ubi kayu, kelompok tani gunung gambir, kelompok PKK

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini akan dilaksanakan di desa Peniraman Kecamatan Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah pada mitra kelompok Tani Gunung Gambir dan Ibu PKK dengan memberikan informasi pengetahuan dan ketrampilan IPTEKS diversifikasi Jagung dan ubi kayu menjadi produk olahan pangan yangprospektif sebagai peluang usaha untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. Metode Kegiatan yang akan dilaksanakan meliputimenyampaian materi mengenai pengembangan olahan jagung dan ubi kayu, demonstrasi dan pelatihan pembuatan produk dilengkapi dengan pelatihan teknik pengemasan dan penyimpanan, pelatihan pembukuan, pemasaran dan kewirausahaan, melakukan pendampingan dan pembimbingan  kepada mitra, dan evaluasi kegiatan selama pelatihan. Kegiatan PPM ini mendapat respon positif dari aparat desa dan warga masyarakat setempat,hal ini dapat ditunjukkan dengan antusiasnya peserta dalam menerima inovasi baru dan mitra aktif mengikuti kegiatan pelatihan. Hasil kegiatan ini menghasilkan peningkatan kemajuan mitra dalam pengetahuan dan wawasan dalam pengolahan jagung dan ubi kayu, peningkatan kemampuan dan ketrampilan mempraktekkan hasil olahannya dengan baik dan menarik sehingga mereka tertarik untuk membuat sendiri dan membuka usaha kecil untuk menambah income pendapatan keluarga.

References

Damardjati, D. S., S. Widowati, J. Wargiono, dan S. Purba. (2000). Potensi dan Pendayagunaan Sumber Daya Bahan Pangan Lokal Serealia, Umbi-Umbian, Dan Kacang-Kacangan Untuk Peng-anekaragaman Pangan. Jakarta : Makalah Pada Lokakarya Pengem-bangan Pangan Alternatif.

Fachruddin, L. (2008). Membuat Aneka Selai. Kanisius, Yogyakarta.

Kuswanto, K. R. (2001). Pengendalian Mutu Dan Keamanan Pangan Lokal Dalam Mengantisipasi Pasar Global. Makalah Dalam Lokakarya Nasional Pengem-bangan Pangan Lokal. Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Surabaya, 13-14 November 2001.

Yogha, S. dan Nurani, A.S. (2010). Potensi tepung singkong sebagai bahan industri kreatif kuliner boga. Makalah Prosiding ISBN 978-602- 96174-0-5. Universitas Negeri Malang.

Suprapti, L.M. (2002). Tepung Kasava Pembuatan Dan Pemanfaatannya. Penerbit Kanisius, Yogyakarta.

Susanto, T. (1994). Teknologi pengemasan bahan makanan. CV. Family, Blitar.

Suryani A. (2004). Membuat Aneka Selai. Penebar Swadaya, Jakarta.

Widowati, S., Suismono, Suarni, Sutrisno dan O. Komalasari. (2002). Petunjuk Teknis Proses Pembuatan Aneka Tepung Dari Bahan Sumber Karbohidrat Lokal. Balai Penelitian Pascapanen Pertanian.

Winarno, F.G. (2000). Potensi Dan Peran Tepung-Tepungan Bagi Industri Pangan Dan Program Perbaikan Gizi. Makalah Pada Semnas Interaktif: Penganeka-Ragaman Makanan Untuk Memantapkan Ketersediaan Pangan. Jakarta, Oktober 2000.

Published
2017-09-07
How to Cite
Mangunsong, L., & Wahyuarini, T. (2017). IbM KELOMPOK TANI GUNUNG GAMBIR DAN KELOMPOK PKK DI DESA PENIRAMAN MELALUI PROSPEKTIF PRODUK OLAHAN BERBASIS JAGUNG DAN UBI KAYU . TEKNOLOGI PANGAN : Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah Teknologi Pertanian, 8(2), 141-146. Retrieved from https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/Teknologi-Pangan/article/view/644
Section
Artikel