IbM KELOMPOK TANI DESA SUNGAI RASAU KECAMATAN SUNGAI PINYUH MELALUI ANEKA OLAHAN PRODUK BERBASIS PISANG DAN NANAS

  • Sari Zawitri
  • Muhammad Ali Jurusan Akuntansi dan Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan, Politeknik Negeri Pontianak, Kalimantan Barat
Keywords: nanas, pisang, Kelompok Tani “Usaha Mekar Jaya” dan Kelompok Tani “Usaha Tani Makmur”, Desa Sungai Rasau

Abstract

Desa Sungai Rasau Kecamatan Siantan Kabupaten Mempawah merupakan wilayah yang sangat potensial pada hasil pertaniannya berupa tanaman pisang dan nanas dan masih sangat terbatas pemanfaatannya menjadi produk pangan. Melalui kegiatan  PPM IbM ini,tujuanyang  akan dilakukan adalah : memberikan informasi pengetahuan dan ketrampilan IPTEKS diversifikasi pisang dan nanas dari daging buah sampai pada bagian limbahnya menjadi produk olahan pangan yang bernutrisi dan bernilai jual tinggi serta membangun jiwa kewirausahaan di kalangan kelompok Tani“Usaha Mekar Jaya” dan Usaha Tani Makmur”sebagai mitra dari kegiatan pengabdian ini. Metode Kegiatan yang akan dilaksanakan adalah memberikan pendidikan, pelatihan, pembimbingan dan pendampingan Teknologi Tepat Guna dengan tujuan meningkatkan pengetahuan, keahlian dan ketrampilan mitra dalam mengolah potensi lokal pisang dan nanas menjadi aneka olahan produk yang kreatif, menarik, bernutrisi dan bernilai jual tinggi sebagai peluang usaha serta  melakukan evaluasi hasil kegiatanguna mengetahui kemajuan dan keberhasilan program yang direncanakan. Kegiatan pelatihan PPM telah dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah disepakati bersama dan dihadiri 28 peserta. Hasil kegiatan PPM ini mampu meningkatkan pemahaman/wawasan, pengetahuan dan ketrampilan masyarakat mitra melakukan aplikasi teknologi tepat guna  olahan nanas dan pisang, dan mitra berkeinginan mengembangkan olahan nanas dan pisang  menjadi peluang usaha kecil mandiri maupun kelompok dengan produk yang dihasilkan para peserta pelatihan PPM telah memenuhi persyaratan produk yang ditentukan.

References

Aminatul dkk. (2009). Pemanfaatan Nata de banana skin Menjadi Minuman Aneka Rasa Sebagai Upaya Cerdas Untuk Menambah Nilai Ekonomis Kulit Pisang Pada Masyarakat Di Jalan Jombang I Malang. Universitas Negeri Malang. Malang.

Fachruddin, L. (2008). Membuat Aneka Selai. Kanisius, Yogyakarta.

Munadjim. (1983). Teknologi Pengolahan Pisang. Gramedia, Jakarta.

Rukmana dan Rahmat. (1999). Usaha Tani Pisang. Kanisius. Yogyakarta.

Suryani A, Hambali E, dan Rivai M. (2004). Membuat Aneka Selai. Penebar Swadaya, Jakarta.

Susanto, T dan Sucipto, N. (1994). Teknologi Pengemasan Bahan Makanan. CV. Family, Blitar.

Widowati, S., Suismono, Suarni, Sutrisno dan Komalasari, O. (2002). Petunjuk Teknis Proses Pembuatan Aneka Tepung dari Bahan Sumber Karbohidrat Lokal. Balai Penelitian Pascapanen Pertanian.

Published
2017-09-07
How to Cite
Zawitri, S., & Ali, M. (2017). IbM KELOMPOK TANI DESA SUNGAI RASAU KECAMATAN SUNGAI PINYUH MELALUI ANEKA OLAHAN PRODUK BERBASIS PISANG DAN NANAS. Teknologi Pangan : Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah Teknologi Pertanian, 8(2), 147-152. https://doi.org/10.35891/tp.v8i2.645
Section
Artikel