Main Article Content

Ahmad Ma’ruf
Rasionalisme tidak mengingkari nilai pengalaman, melainkan pengalaman hanya dipandang sebagai sejenis perangsang bagi pikiran. Karenanya, aliran ini yakin bahwa kebenaran dan kesesatan terletak di dalam ide, dan bukannya di dalam barang sesuatu. Jika kebenaran bermakna sebagai mempunyai ide yang sesuai dengan atau yang menunjuk kepada kenyataan, maka kebenaran hanya dapat ada di dalam pikiran kita hanya dapat diperoleh dengan akal saja.
Al-Ashraf Sayyed Ali, 2000, Ashraf (ter) Krisi dalam Pendidikan Islam, oleh Syafi’I Ma’arif, Jakarta : PT Almawardi Prima
Anwar, Moh Idhoi. 2003. Administrasi Pendidikan Dan Manajemen Biaya Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Anwar, Qomari, 1998, Manajemen Pendidikan Islam, Jakarta : Gema Insani Press
Azwar, Syaifuddin. 2001. Reliabilitas Dan Validitas, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Caplin. 2002. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Gravindo Persada.
Danim, Sudarwa. 2000. Metode Penelitian Untuk Ilmu-Imu Perilaku. Jakarta: Bumi Aksara
Djamaluddin & Aly, Abdullah. 1998. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bandung : Pustaka Setia.
Gunawan, Ari H. 2000. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong, Lexyy J. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya
Mulkham, Abdul Munir. 2002. Pendidikan Liberal. Yogyakarta: Kreasi Wacana
Nata, Abuddin 2001b. Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia..
Poerwantana, Ahmadi Dan Rosali. 1993. Seluk Beluk Filsafat Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya
Psikologi Perkembangan. Rineka Cipta. Jakarta. Deddy Mulyono. 2003 Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Purwanto, Ngalim. 2002. Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis. Bandung: emaja Rosda Karya.
Quth, Muhammad. 1984. Sistem Pendidikan Islam. (terj.) Salman Harun. Bandung : PT. al-Ma’arif.
Rahim, Husni. 2001. Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia. Ciputat : PT. Logos Wacana Ilmu
Rahman, Maman. Strategi Dan Langkah-Langkah Penelitian Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press
Sonhaji, Ahmad KH, 2002, Tehnik Pengumpulan dan Analisis Data Dalam Penelitian Kualitatif. (Makalah-Makalah disampikan pada seminar kelas Metode Penelitian Kualitatif Program Pasca Sarjana UNISMA Semester II).
Sudjana, Nana Dan Ibrahim. 1989. Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru
Sudjana. 2001. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Makalah. Skripsi. Tesis Desertasi. Jakarta. Sinar Baru Algesindo Bandung Sudarsono. 2001
Sunarto Dan Agung Hartono. 2002. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, Muhibbin. 2001. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda Karya.
Tadjab. 1994. Ilmu Jiwa Pendidikan. Surabaya: Karya Abditama
Tafsir, Ahmad. 2000. Filsafat Umum. Bandung: Remaja Rosda Karya.
UNISM.2003. Buku Pedoman Teknik Penulisan Makalah Kelas & Tesis. Program Pasca Sarjana Studi Islam. Malang. UNISMA
Universitas Negeri Malang (UIN). 2000. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Skripsi. Tesis. Desertasi. Artikel. Makalah. Laporan Penelitian. Malang. UNM
Wahyu. 1991. Bimbingan Penulisan Skripsi. Bandung: Tarsito
Yusuf. Syamsu. 2002 Psikologi Perkembangan Anak Remaja. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Descartes, René, 1953, Discourse on the Method of Rightly Conducting the Reason and Seeking Truth in the Science, dalam a Discourse on Method, terj. John Veitch, J.M. Dent & Sons Ltd.,
London Descartes, René, 1953, The Principles of Philosophy, dalam a Discourse on Method, terj. John Veitch, J.M. Dent & Sons, Ltd., London.

Ahmad Ma’ruf, Universitas Yudharta Pasuruan

Universitas Yudharta Pasuruan