PENGARUH PENERAPAN MEDIA VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN AQIDAH AKHLAQ DI MTs DARUL ULUM PURWODADI

  • Nurul Imamah Universitas Yudharta Pasuruan
  • Ahmad Ma’ruf Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Media VideoScribe, peningkatan pemahaman Aqidah Akhlaq.

Abstract

Media VideoScribe adalah media berbentuk video dan layar dasar putih yang bisa digunakan untuk animasi dengan mudah dan sesuai dengan pengguna. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dapat digunakan dalam pembuatan bahan ajar. Namun penerapannya masih banyak guru yang belum dapat memanfaatkannya, bahkan penggunaan metode dan media monoton masih cukup populer di kalangan guru dalam proses pembelajaran. Terlebih lagi dalam pembelajaran agama salah satunya Aqidah Akhlaq. Penggunaan sebuah media berfungsi untuk menyampaikan pesan secara seragam kepada peserta didik. Dalam hal ini untuk menyampaikan sebuah pesan dari seorang pendidik kepada peserta didik diperlukan suatu media. Salah satunya adalah media VideoScribe.

Hasil dari penelitian ini adalah pertama berdasarkan hasil pre test dan post test yang diperoleh oleh peserta didik MTs Darul Ulum Purwodadi kelas VII dalam mata pelajaran Aqidah Akhlaq materi Akhlaq terpuji, nilai peserta didik sebelum penerapan media VideoScribe adalah 15, dan nilai tertinggi adalah 65. Sedangkan nilai terendah sesudah penerapan media VideoScribe adalah 0, dan nilai tertinggi adalah 80. Dan nilai rata-rata diketahui nilai sesudah penerapan lebih besar dari nilai sebelum penerapan (48.06 > 38.06) hal ini menunjukkan post test lebih bagus daripada pre test yang berarti media pembelajaran meningkatkan pemahaman peserta didik. Kedua berdasarkan hasil analisis uji Paired Sampel T Test diperoleh angka signifikansi 0,007 dimana angka signifikansi lebih kecil dari 0, 05 maka hipotesis yang menyatakan ada pengaruh penerapan media VideoScribe untuk meningkatkan pemahaman Aqidah Akhlaq Di MTs Darul Ulum Purwodadi diterima dan Ho ditolak.

References

Abdulloh, Yatimin. 2007. Dimensi-dimensi Studi Islam. Jakarta: Amzah.
Aqib, Zainal. 2016. Model-model, media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: CV. Yrama Widya.
Arief S. Sadiman, dkk. 1996. Media Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
—. 2002. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik Edisi Revisi V. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Azhar, Mushaf al-. t.t. al-Qur’an dan terjemahannya. Bandung: Jabal.
Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: GP Press Group.
Priyastama, Romie. 2017. Buku Sakti Kuasai SPSS. Bantul: Start Up.
Safar, Ahmad. 2016. "Educating Nonlinearly and visually in the Digital Knowleadge Age: A Dhelpi Study Asin Social Sceience ." Journal (Kuwait University) XII: 12.
Sarwono, Jonathan. 2006. Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Sholeh, Untung Joko Basuki dan Muhammad. 2018. "Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Pancasila Berbasis Multimedia Dengan Menggunakan Aplikasi Sparkol VideoScribe." Jurnal Disprotek IX: 22.
Akhmad Danil Miqdad dan Meini Sondang Sumbawati, 2017, Analisis pengembangan model pembelajaran berbasis Project Based Learning dengan berbantu media audio visual VideoScribe dalam Pembelajaran Komputer dan Jaringan dasar kelas X SMK Unitomo Surabaya, Jurnal IT-Edu. Volume 02 Nomor 02.
Zahra A., Asnimar, Srirarasati, dan Yenny L. t.t. Pemanfaatan media VideoScribe-sparkol untuk Meningkatkan budaya literasi guru dan peserta didik. FKIP Universitas Sriwijaya.
Muhammad Khoirul Absor. 2015. Pengembangan media pembelajaran berbasis VideoScribe pada tema indahnya negeriku pada sub tema keanekaragaman hewan dan tumbuhan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 4 MI perwanida Blitar. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: UIN Maliki.
Seminar A. Zainal Abidin dalam senimar ICT Kab. Pasuruan yang dilaksanakan oleh IGRA Kab. Pasuruan di Lesehan Karang Jati Pandaan pada tanggal 25 Februari 2016. T5.
Published
2019-01-05
How to Cite
Imamah, N., & Ma’ruf, A. (2019). PENGARUH PENERAPAN MEDIA VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN AQIDAH AKHLAQ DI MTs DARUL ULUM PURWODADI. AL MURABBI, 4(1), 87-102. Retrieved from https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/1312
Section
Artikel