Main Article Content

M Jamhuri
Berangkat dari landasan pemikiran inilah, maka humanisme, yang pada tahap selanjutnya terbingkai dalam nilai-nilai religiusitas dalam pendidikan agama islam, dan ini perlu diposisikan sebagai objek kajian yang penting untuk kita jadikan kerangka berfikir dalam ranah implementasi konsep humanisme pendidikan agama Islam. Karena secara esensial mampu mengantarkan proses pendidikan menuju keseimbangan dua sisi potensi dalam diri manusia. Baik sebagai abdullah maupun khalifatullah serta mampu menyeimbangkan pola komunikasi baik kepada Sang Khaliq (hablum minallah) dan kepada sesama makhluk ciptaan-Nya (hablum minannas).
Abdurrahman Mas’ud, 2007. Menggagas Format Pendidikan Non Dikotomik, Yogyakarta: Gama Media, 2007.
Abidin Zainal, 2011, Filsafat Manusia: Memahami Manusia Melalui Filsafat, Bandung; PT. Remaja Rosdakarya.
Baharudin & M. Makin, 2007. Pendidikan Humanistik, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
D/001/UYP/2018
Mizan Putaka.
North, Alfret W. 2009, Mencari Tuhan Sepanjang Zaman. Bandung; PT
O/001/UYP/2018
Pius A. Partanto - Dahlan al-Barri. 1994, Kamus Ilmiah Populer, Surabaya: Arkola.
Salahudin Anas, 2011, Filsafat Pendidikan, Bandung: CV. Pustaka Setia
Sobri Sutikno. 2007, Pembelajaran Efektif dan Bermakna, Mataram: NTP Press.

M Jamhuri, Universitas Yudharta Pasuruan

Universitas Yudharta Pasuruan

Most read articles by the same author(s)