IMPLEMENTASI STRATEGI GENIUS LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PAI DI PERPUSTAKAAN RUMAH PINTAR JUANDA CENDIKIA SIDOARJO
Main Article Content
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif, dengan metode Deskriftif Analisis. Untuk teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dan sumber data yang didapat berasal dari data primer dan data sekunder dengan proses analisis menggunakan model Flow Model Analysis.
Berdasarkan hasil penelitian, (1) perencanaan di lakukan di perpus takaan rumah pintar juanda cendikia sidoarjo dalam pembelajaran PAI ini adalah dengan menentukan hari, waktu, mempersiapkan ruangan dan mempersiapkan materi pembelajaran serta beberapa media yang akan dibutuhkan (2) dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di perpustakaan rumah pintar juanda cendikia sidoarjo dalam pembelajaran PAI ini dengan memberikan materi yang disinambungkan dengan kehidupan sehari-hari pada hari dan tempat yang sudah di tentukan. (3) Evaluasi yang digunakan untuk mengetahui kecerdasan yang telah dicapai dengan menggunakan uji mental dan Tanya jawab di Perpustakaan Rumah Pintar Juanda Cendikia Sidoarjo memiliki program pembelajaran yang menggunakan Strategi Genius Learning berlandaskan pendidikan Islam yang berfungsi untuk menghargai kecerdasan masing-masing individu, dengan adanya perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Strategi Genius Learning ini bertujuan untuk menjadikan peserta didik lebih aktif dalam kegiatan belajarnya sehingga lebih mudah untuk menerima pelajaran. Implementasi dari Strategi ini dapat dilihat melalui langkah-langkah dalam belajar di Perpustakaan Rumah Pintar atau kegiatan belajar yang dilakukan.
Djamaroh, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka cipta.
Djamaroh, Syaiful Bahri & Aswan Zaini. 1996. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Gunawan, Adi W. 2013. Genius Learning Strategy Petunjuk praktis Untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Strandar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sarwono, Jonathan. 2006. Analisis Data Penelitian. Yogyakarta: ANDI.
Setiawan, Guntur. 2004. Impelemtasi dalam Birokrasi Pembangunan. Jakarta: Balai Pustaka.
Siregar, Marasuddin. 1998. Pengelolaan Pengajaran (Suatu Dinamika Profesi Keguruan), dalam Chabib Thoha. et. al., PBM-PAI Di Sekolah. Cet. Ke-1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan.Ed.1. Cet. Ke-14. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sumber data : Interview dengan Kepala Rumah Pintar Juanda Cendikia Sidoarjo 30-04-18
Sumber data: Arsip Rumah Pintar Juanda Cendikia Sidoarjo. 02-05-18
Thoha, Chabib. 1999. (eds),Metodologi Pengajaran Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Uno, Hamzah B. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Cet. Ke-6. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Nurdin. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Grasindo.
Yusuf, A. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Berdasarkan Pengalaman Pribadi dengan Strategi Genius Learning pada Siswa MI Darut Taqwa Pasuruan. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(1), 1-8.