Main Article Content

Siti Halimah

ABSTRAK


Penelitian ini diangkat karena adanya permasalahan pada dunia pendidikan khususnya di Indonesia yang memerlukan perubahan atau inovasi media pembelajaran berbasis IT guna mendukung proses pembelajaran disituasi pandemi Covid-19 agar pembelajaran dapat tetap berlangsung dan mampu menciptakan perasaan senang dan semangat pada peserta didik serta mampu memicu anak didik semakin aktif aktivitas belajar secara daring. Penelitian ini bermaksud untuk melihat (1) keefektifan penerapan media pembelajaran Aplikasi Kahoot dalam menumbuhkan motivasi atau stimulus belajar anak didik (2) apakah ada perbedaan peningkatan motivasi belajar anak didik yang memakai media pembelajaran Aplikasi Kahoot dengan anak didik yang tidak memakai media pembelajaran Aplikasi Kahoot pada pelajaran PAI Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Pasuruan.


Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan kuantitatif dengan metode True Experimental Design desain pretest-posttest control-group design dan mengambil sampel sebanyak 138 siswa pada kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Pasuruan. Data diambil menggunakan instrument angket dan wawancara. Uji analisis data yang dipakai adalah Uji N-Gain Score, Uji Independent Sample T-Test, serta analisis hasil wawancara dengan peserta didik.


Berdasarkan hasil  uraian perhitungan Uji N-Gain Score, nilai mean kelompok eksperimen 78,29% lebih tinggi dari kelompok kontrol yang mendapat nilai mean 64,52%. Dari analisis diatas, diambil kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran aplikasi kahoot masuk pada kategori efektif didalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis perhitungan Uji Independent Sample T-Test disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan motivasi atau stimulus belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol dibuktikan dengan taraf signifikansi Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Dimana nilai tersebut menunjukkan 0,000<0,05. Berdasarkan analisis hasil wawancara dengan peserta didik bahwasannya media pembelajaran aplikasi kahoot efektif jika digunakan pada pembelajaran PAI karena mampu menumbuhkan semangat belajar anak didik, menciptakan rasa senang, serta membantu anak didik dalam mempertajam materi yang telah dijelaskan oleh pengajar pada kegiatan belajar PAI.


Kata Kunci : Media Pembelajaran, Aplikasi Kahoot, Motivasi Belajar PAI


 


ABSTRACT


This research was appointed because of problems in the world of education, especially in Indonesia that require changes or innovations in IT-based learning media to support the learning process in the Covid-19 pandemic situation so that learning can continue and be able to create feelings of pleasure and enthusiasm in students and be able to trigger students. more active online learning activities. This study intends to see (1) the effectiveness of the application of the Kahoot Application learning media in fostering students' motivation or learning stimulus (2) whether there is a difference in increasing the learning motivation of students who use the Kahoot Application learning media with students who do not use the Kahoot Application learning media in PAI class XI social studies at SMA Negeri 3 Pasuruan.


The approach used is a quantitative approach with the True Experimental Design method of pretest-posttest control-group design and takes a sample of 138 students in class XI IPS at SMA Negeri 3 Pasuruan. Data were taken using a questionnaire and interview instruments. The data analysis test used was the N-Gain Score Test, the Independent Sample T-Test, and the analysis of the results of interviews with students.


Based on the results of the description of the calculation of the N-Gain Score Test, the mean value of the experimental group was 78.29% higher than the control group which got a mean value of 64.52%. From the above analysis, it can be concluded that the use of Kahoot application learning media is in the effective category in increasing students' learning motivation in learning activities. Based on the results of the calculation analysis of the Independent Sample T-Test, it was concluded that there was a significant difference in motivation or learning stimulus for the experimental class and the control class, as evidenced by the significance level of Sig. (2-tailed) of 0.000. Where the value shows 0.000 <0.05. Based on the analysis of the results of interviews with students, the kahoot application learning media is effective if used in PAI learning because it is able to foster students' learning enthusiasm, create a sense of fun, and help students sharpen the material that has been explained by the teacher in PAI learning activities.


Keywords: Learning Media, Kahoot Application, Motivation in Learning PAI


Keywords: Learning Media, Kahoot Application, Motivation in Learning PAI
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hidayat, Rahmat. 2016. Ilmu Pendidikan Islam “Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia”. Medan: LPPPI.
Khabidin. 2019. Efektifitas Penerapan Aplikasi Kahoot dalam Mengkondisikan Kelas Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Pagentan Kabupaten Banjarnegara. Skripsi Fakultas Ilmu Agama Islam Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Indonesia.
Khuluqo, Ihsana El. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyasana, Dedy. 2011. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta