KARAKTERISTIK FISIK DAN SIFAT FUNGSIONAL BERAS JAGUNG INSTAN DENGAN VARIASI PENAMBAHAN JENIS SERAT DAN LAMA PEMBEKUAN

  • Vivien Fathuroya Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya
  • Maimunah Hindun Pulungan Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya
Keywords: Bisulfit, Air Kelapa, Fermentasi, Nata de Coco, Sanitasi

Abstract

Salah satu bahan pangan lokal yang sedang dikembangkan dalam rangka diversifikasi pangan adalah jagung. Jagung merupakan komoditi potensial untuk dikembangkan menjadi pangan pokok alternatif karena tingkat produksi jagung nasional yang cukup besar dan dilihat dari segi nilai gizi, jagung mengandung protein, karbohidrat, dan tingkat energi yang tidak kalah dengan beras. Selain itu, jagung sudah dijadikan makanan pokok oleh sebagian masyarakat Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh serat danwaktu pembekuan terhadap karakteristik fisik dan fungsional beras jagung instan. Rancangan percobaan untuk penelitian ini adalah rancangan factorial dalam Rancangan Acak Lengkap. Hasil penelitian menunjukkan komnbinasi perlakuan yang terbaik adalah  perlakuan berserat dengan waktu pembekuan 72 jam menghasilkan densitas kamba 0,3920 gram/ml, porositas 31,03%, rasio rehidrasi 5,995%, tingkat penyerapan air 74% dan tingkat pengembangan 18%.

References

Fellows, P. (2000). Food Processing Technology: Principles and Practice. CRC Press, Boca Raton, Florida.

Jay, J.M., M.J. Loessner, D.A. Golden. (2005). Modern Food Microbiology. 7th ed. Springer Science + Business Media Inc., USA.

Misgiyarta. (2007). Teknologi Pembuatan Nata de Coco. Makalah disampaikan pada acara Pelatihan Teknologi Pengolahan Kelapa Terpadu. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian, Bogor. 31 Oktober-3 Nopember 2007.

PMK No. 033. Tahun (2012). Peraturan Menteri Kesehatan republik Indonesia tentang Bahan Tambahan Pangan.

Published
2017-12-17
How to Cite
Fathuroya, V., & Pulungan, M. H. (2017). KARAKTERISTIK FISIK DAN SIFAT FUNGSIONAL BERAS JAGUNG INSTAN DENGAN VARIASI PENAMBAHAN JENIS SERAT DAN LAMA PEMBEKUAN. Teknologi Pangan : Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah Teknologi Pertanian, 9(1), 77-81. https://doi.org/10.35891/tp.v9i1.911
Section
Artikel