PENGGUNAAN MEDIA POHON PISANG DALAM PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH DIPOS PAUD RESTU BUNDA SUKORAME DURENSEWU PANDAAN

  • Dewi Toyibatul Hidayati Universitas Yudharta Pasuruan
  • Askhabul Kirom Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Media Pohon Pisang, Mengenal Huruf Hijaiyah.

Abstract

Penggunaan media pembelajaran mengenal huruf hijaiyah dilakukan untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (materi pembelajaran), merangsang pikiran, segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (materi pembelajaran), merangsang pemikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan siswa, sehingga dapat mendorong proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif,jenis penelitiannya bersifat deskriptif. Sumber data (1) primer (2) sekunder, pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan penggunaan media pohon pisang terdiri dari tiga tahap yaitu: tahap awal, tahap kedua dantahap akhir.(2) a). Faktor Pendukung Penggunaan Media Pohon Pisang Dalam Pembelajaran Mengenal Huruf Hijaiyah, media pohon pisang mudah didapat dan dibuat, semua guru kompak ikut dalam pembuatan dan penggunaan media pohon pisang, orang tua ikut menertibkan anaknya yang tidak mau masuk, anak-anak lebih semangat, melatih kefokusan pada anak-anak dan anak-anak lebih tertib saat akan pulang. b). Kendala Penggunaan Media Pohon Pisang Dalam Pembelajaran Mengenal Huruf Hijaiyah, media pohon pisang cukup lama dalam pembuatannya, tidak menggunakan media audia sehingga guru harus menyesuaikan suaranya, tidak semua anak-anak memahami satu persatu huruf hijaiyah .

References

Akmal, 2014 . Efektivitas Penggunaan Media Puzzel Huruf Hijaiyah Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman siswa Terhadap Materi Baca Tulis Al-Qur’an Di SDN Perjuk 1 Kota Tangerang. Skripsi tidak diterbitkan, Jakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.
Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI, Jakarta: Prenadamedia group.
Baharuddin. 2012. Metode Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Al-Imam ‘Ashm Makassa., Tesis tidak diterbitkan. Makassar: Jurusan Pendidikan Qur’an Hadits UIN Alauddin.
Darman, Flavianus. 2007. Udang-undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional & Udang-undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. Jakarta: Visimedia.
Falahudin, Iwan. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran, Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1 (4): 104-117.
Gunawan, Imam. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Teori &Praktik. Jakarta: PT Bumu Aksara.
Handayani, Maya Rini. 2013.Game Edukasi Huruf Hijaiyah Usia Taman Kanak-Kanak Untuk Program Kerja Karang Taruna Perumahan Kaliwungu Indah Desa Protomulyo Kendal, Dimas, 13 (2): 226-228.
Harun. Pedoman Pembelajaran Taman Posyandu. 2012. Surabaya: Dinas pendidikan.
Kustiawan, Usep. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudra.
Kuswanto. Tanpa Tahun. Bertanam pisang dan cara pemeliharaannya. DERIKO.
L. Murandono HS. 1982. Membuat Kompos. Depok: Wisma Hijau Penebar swadaya.
Masnipal. 2013. Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: PT Gramedia.
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: REFERENSI (GP Press Group).
Murtadho, Basori Alwi. 2009. pokok-pokok ilmu tajwid. Malang: CV. RAHMATIKA.
Raco. Tanpa Tahun. Metode penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia Kompas Gramedia Building.
Rafika, Irda, Yusuf Aziz, Anizar Ahmad. 2016. Penggunaan Media Kartu Huruf Hijaiyah Untuk Melejitkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Pada TK Islam Terpadu Suloh Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1): 29-35.
Ramli, M. 2015. Media Pembelajaran Dalam Prespektif Al-Qur’an dan Hadits. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 13 (23): 133-134
Rusman. 2016. Model-model pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Safi’i, Asrop. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: eLKAF.
Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yokyakarta: CV Budu Utama.
Siswanti, Dian. 2012. Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Metode Vakt Dengan Media Plastisin Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1 (3): 125.
Siyoto, Sandu dan M Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yokyakarta: Literasi Media Publishing.
Susilana, Rudi dan Riyana Cepi. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Syarah, Mai . 2017. Pengelolaan Media Pembelajaran AnakUsia Dini di TK Sambino Takengon, Aceh Tengah. Skripsi tidak diterbitkan. Banda Aceh : Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitia: Kuantitatif, Kualitatif dan Gabungan. Jakarta: KENCANA.
Yayasan Al-Sofwa. 2014. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: PT. Madya ma’rufaf.
Published
2019-01-27
Section
Artikel